Waspada: langkah-langkah rival

604 Viewed

persaingan-bisnisMendengar khutbah beberapa hari kemarin, memang sungguh menempel di hati dan pikiran. Karena khutbah tersebut membahas tentang langkah-langkah pesaing kita yang punya tekad untuk menghentikan gerak
langkah serta tujuan akhir kita. Berikut ikhtisar langkah-langkah pesaing yang diambil:

1. Pembiaran

Pesaing melakukan pembiaran sehingga nanti pada akhirnya kita sendirilah yang akan bosan dengan langkah-langkah yang kita ambil untuk mencapai tujuan. Dalam dunia marketing, biasanya pesaing kita akan membiarkan produk kita mati dengan sendirinya (karena keadaan kita yang memang masih kecil).

2. Ejekan / Penghinaan

Setelah dirasa langkah pembiaran tidak ada ngefek, maka langkah yang kemungkinan bisa diambil adalah mereka melakukan ejekan/penghinaan terhadap diri kita. Pesaing kita mencoba melakukan ejekan, penghinaan bahkan pelecehan nama baik kita.

3. Intimidasi / Kekerasan

Terkadang ejekan, penghinaan bahkan pelecehan nama baik tidak berhasil, tidak sedikit pesaing kita melakukan intimidasi atau kekerasan terhadap kita. Perlu diingat, bahwa intimidasi atau kekerasan tidak selalu berupa fisik, yang lebih parah adalah intimidasi psikis.

4. Penawaran / Penyuapan

Penawaran bisa dilakukan oleh pesaing kepada orang-orang kita yang memang bisa dipengaruhi, dikarenakan mereka sudah merasa bingung sendiri dengan tindakan yang mereka ambil. Secara umum penawaran yang diajukan adakalanya berupa: harta, tahta, dan wanita. Tinggal apakah orang-orang kepercayaan kita bisa memegang teguh janjinya kepada kita apa hanya sekedar mencari kesenangan saja.

5. Kompromi

Kompromi yang dilakukan biasanya dengan mengatasnamakan kesamaan agama, suku, ras, bahkan nasionalisme maupun tujuan akhir yang akan kita capai.

Beberapa hal di atas yang mungkin harus kita waspadai. sehingga kita selalu bisa memperbaiki kualitas diri kita sendiri.

Selama pesaing berasal dari luar, masih bisa kita hadapi dan kita antisipasi. Tetapi yang paling berbahaya adalah pesaing yang berasal dari diri kita sendiri.

prev-next.jpg

Teknologi Awan: Cloud Computing

prev-next.jpg

5 Cara Meningkatkan Konsentrasi

Related posts
Your comment?
Leave a Reply