Wasiat Terlarang (Bagian Pertama)

6727 Viewed

13-wasiat-terlarangMembaca judulnya saja seperti novel. Membaca judulnya saja seperti bernuansa horor. 13 Wasiat Terlarang. Sebuah karangan Ippho Santosa. Ipho Santosa dikenal sebagai pakar otak kanan, seorang penulis mega-bestseller (masuk MURI), pembicara internasional (di 4 benua, termasuk Amerika), pendiri 100-an cabang TK Khalifah dan Khalifah Daycare.

Buku yang tebalnya lebih dari 256 halaman ini diterbitkan oleh PT. Elex Media Komputindo. Dicetak pertama kali tahun 2008, didalamnya disebutkan sudah mencapai cetakan yang ke 23 pada bulan Mei tahun 2013. Buku karangan Ippho Santosa lainnya adalah 7 Keajaiban Rezeki, Percepatan Rezeki, Moslem Millionaire, Hanya 2 Menit, 10 Jurus Terlarang, Marketing is Bullshit.

Isi 13 Wasiat Terlarang

Apa saja 13 wasiat terlarang yang ada didalam buku Ipho Santosa?

Wasiat #1 : pertama-tama, tertawalah

Di wasiat pertama, Ipho mengajak Anda untuk bergurau dan dapat menjadi seorang yang humoris. Karena dengan bergurau, orang bisa tertawa. Sedang tertawa sendiri akan mengaktifkan otak kanan. Bahkan sesekali tirulah anak kecil yang tertawa tanpa tahu penyebabnya. Jika tidak bisa bergurau maka tontonlah gurauan seperti OVJ sehingga anda bisa tertawa. Sebagai mana jargonnya OVJ “yang penting bisa ketawa”. inti wasiat pertama adalah HUMOR.

Wasiat #2 : bermainlah dengan Raja Namrud

Pada dasarnya manusia memang makhluk yang ingin bermain. Hal ini bisa kita lihat dari industri game yang mampu menyaingi industri film. Restoran McDonald terkenal dengan paket yang dikemas dengan berisi mainan. Inilah yang menjadi daya tarik. Beberapa presenter ditelevisi seperti Tantowy Yahya berhasil dengan acara gamenya (kuis) ditelevisi. Inti dari wasiat kedua adalah GAME.

Wasiat #3 : tak perlu cantik, berceritalah

Wasiat ketiga ini membahas seorang wanita kaya raya bernama Oprah Winfrey. Seorang presenter yang pandai bercerita. Kita dapat melihat sepak terjang JK Rowling penulis Harry Potter. Dia dapat kaya dengan bercerita. Dalam bisnis MLM (Multi Level Marketing) dikatakan “mulutmu adalah omzetmu”. Bahkan dosenpun harus pandai bercerita agar mahasiswa tak mengantuk. Di dalam buku 13 Wasiat Terlarang inipun banyak cerita yang ditulis. Mulai dari Jaka Tarub sampai Raja Namrud. Karena kita lebih suka baca buku cerita ketimbang matematika. Inti dari wasiat ketiga adalah STORY.

Wasiat #4 : berkiaslah seperti binatang jalang

Dengan kiasan, sebuah pernyataan akan lebih “mengigit” ketimbang dinyatakan secara biasa dan juga lebih lama “tinggal dalam ingatan”. Artinya jika Anda memiliki suatu produk maka taglinenya (slogan) dapat dibuat dari sebuah kiasan. Hal tersebut akan mampu lebih mengena dan membekas dihati para calon pembeli. Hal ini terbukti di dalam Alqur’an banyak sekali kiasan yang digunakan. Tujuannya agar para audiens atau pembaca bisa lebih mencerna makna dari Alqur’an. Intinya wasiat keempat: METAPHOR.

Wasiat #5 : bersorak “hidup kekurang-ajaran”

Slogan diatas adalah slogannya Albert Einstein. Banyak dari kita yang tidak mengetahui memang. Wasiat kelima membahas tentang kreativitas. Suatu produk harus dapat dibungkus dengan kreativitas agar menarik dan tidak garing. Tanpa kreativitas maka orang akan cepat bosan. Kreativitas tak bisa ditiru atau dipaksakan. Kreativitas hanya bisa dipancing supaya muncul. Umumnya, kreativitas bertolak belakang dari rutinitas sehari-hari yang dikerjakan. Ippho pun memancing kreativitasnya dengan menciptakan lagu. Intinya wasiat kelima: CREATIVITY.

Untuk wasiat selanjutnya akan saya uraikan pada postingan Wasiat Terlarang (Bagian Kedua).

prev-next.jpg

Pinterest, Cara Baru Berbagi Foto dan Keunggulannya

prev-next.jpg

Wasiat Terlarang (Bagian Kedua)

Related posts
Trackbacks/Pingbacks
  1. MasluhJamil.Com » Blog Archive Wasiat Terlarang (Bagian Kedua) - 13 February 2014

    […] artikel sebelumnya Wasiat Terlarang (Bagian Pertama), bagi yang belum memahami atau mungkin belum membaca sama sekali, bacalah terlebih dahulu biar […]

  2. MasluhJamil.Com » Blog Archive 4 Tipe Bisnis Wajib Anda Ketahui - 28 February 2014

    […] 1:07 am » Wasiat Terlarang (Bagian Pertama) […]

  3. 6 Cara Mengelola Keuangan - 27 April 2014

    […] 1:07 am » Wasiat Terlarang (Bagian Pertama) […]

Leave a Reply