Tipe File pada Basis Data

9740 Viewed

tipefileWalaupun gambar disamping berbeda dengan maksud isi postingan ini, tapi tak apalah… yang penting mengena walaupun sedikit.

Beberapa tipe file yang ada pada basis data yang seringkali kita lupakan atau hanya kita pakai sebagian saja:

1. File Induk (Master File)

  • File induk acuan (reference master file) : file induk yang recordnya relatif statis, jarang berubah nilainya. Misalnya file daftar gaji, file mata pelajaran.
  • File induk dinamik (dynamic master file) : file induk yang nilai dari record-recordnya sering berubah atau sering dimutakhirkan (update) sebagai hasil dari suatu transaksi. Misalnya file induk data barang, setiap saat harus di up-date bila terjadi transaksi.

2. File transaksi (transaction file)
File ini bisa disebut file input, digunakan untuk merekam data hasil dari transaksi yang terjadi. Misalnya file penjualan yang berisi data hasil transaksi penjualan.

3. File Laporan (report File)
File ini bisa disebut output file, yaitu file yang berisi informasi yang akan ditampilkan

4. File Sejarah (history file)
File ini bisa disebut file arsip (archival file), merupakan file yang berisi data masa lalu yang sudah tidak aktif lagi, tetapi masih disimpan sebagai arsip.

5. File Cadangan (backup file)
File ini merupakan salinan dari file-file yang masih aktif di dalam database pada suatu saat tertentu. File ini digunakan sebagai pelindung atau cadangan bila file database yang aktif mengalami kerusakan atau hilang.

6. File Kerja (working file)
File ini merupakan file sementara untuk suatu proses program untuk menghemat memori dan akan dihapus kembali bila proses selesai.

prev-next.jpg

Catat, Jangan Pikirkan

prev-next.jpg

Ngamen Pasar Ikut Melestarikan Budaya Lokal

Related posts
Your comment?
Leave a Reply