Ternyata, Hanya Ini Warisan SBY

803 Viewed

Tepat kemarin, hari Senin tanggal 20 Oktober 2014, SBY sudah resmi tidak lagi menjabat sebagai presiden RI. Rakyat pun menyambut presiden baru, Joko Widodo.

Namun, ternyata rakyat tidak serta merta melupakan SBY. Acara penyambutan kepulangan SBY di rumah pun meriah. Disambut nan ramai di Puri Cikeas bak pengantin baru. Bahkan keramaian dan kemeriahan acara sambutan welcome back SBY di rumah tak kalah dengan acara tasyakuran presiden baru Joko Widodo di Monas.

Para Netizen pun ikut mengantar pergantian presiden, #MakasihSBY pun menjadi trending topic. Meskipun sebelumnya SBY sempat menjadi sasaran bully di media sosial. #ShameOnYouSBY dan #ShameByYou pun jadi trendic topic, karena SBY dianggap gagal mempertahankan Pilkada langsung.

SBY, Presiden ke-6 RI pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, SBY tetap berusaha mewariskan sesuatu yang berguna bagi rakyatnya, bagi bangsanya.

Tanpa saya sadari, setelah mengobok-obok perpustakaan pribadi di rumah, ternyata SBY hanya mewariskan kepada saya pribadi 2 buah buku.

1. Harus Bisa! Seni Memimpin Ala SBY

1413842029289533018

ilustrasi gambar: dok pri

Buku yang diterbitkan tahun 2008, karangan Dr. Dino Patti Djalal yang diterbitkan oleh Red and White Publishing. Buku setebal 434 halaman ini layak dibaca untuk belajar menjadi pemimpin bangsa.

2. SBY, Selalu Ada Pilihan

14138421081133358254

ilustrasi gambar: dok pri

Buku setebal 824 halaman ini ditulis sendiri oleh SBY pada tahun 2014 dan diterbitkan oleh Kompas. Buku ini bercerita tentang suka duka SBY menjadi presiden selama 2 periode, pandangan dan pemikiran SBY untuk Indonesia yang lebih baik di masa depan.

Semoga, dengan buku tersebut para pemuda bangsa ini, khususnya saya pribadi mampu meneladani apa yang pernah dilakukan dan pernah diperbuat SBY untuk kemajuan bangsa Indonesia selama 10 tahun masa kepemimpinannya.

Sekali lagi, semoga kedepan SBY juga menuangkan pemikirannya dalam bentuk buku. “Dalam tiga-lima tahun ke depan, saya akan menulis dua buku lagi. Yang satu semacam memoar politik, lainnya otobiografi”, ungkap SBY dalam laman kompas.com

Terima kasih pak SBY dan selamat bekerja pak Joko Widodo.

News Feed
prev-next.jpg

Kompasianer Bicara Centang Biru

Cium Tangan, bukan Taruh Pipi apalagi Jidad

Related posts
Your comment?
Leave a Reply