Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim

1601 Viewed

terbongkarnya-rahasia-mengembangkan-timSalah satu dari 10 ciri pemimpin yang baik adalah mampu mengembangkan tim. Harapannya, dengan terbongkarnya rahasia  mengembangkan tim yang berkualitas ini akan membantu Anda selaku pimpinan didalam memanage anggotanya sehingga mampu mengembangkan tim yang ada.

Sebelum Anda dapat mengembangkan anggota tim, terlebih dahulu Anda harus mengetahui kemampuan diri masing-masing anggota tim Anda.
Karakter anggota tim dapat saya kategorikan menjadi 4 (empat) tipe:

  • Pemula yang antusias, tipe ini membutuhkan arahan Anda.
  • Pembelajar yang belum bisa melihat dengan jelas, tipe ini membutuhkan bimbingan Anda.
  • Penyelesai tugas yang tidak percaya diri, tipe ini membutuhkan dukungan Anda.
  • Pencapai yang percaya diri, tipe ini membutuhkan tanggungjawab Anda.

Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim

Menurut Vibizmanagement bahwa didalam buku Manajer Bijak yang dikarang oleh Sam Deep dan Lyle Sussman, ada sembilan cara untuk mengembangkan anggota tim yang berkualitas.

1. Berikan Tugas Yang Penting

Berikan anggota tim suatu tugas yang penting dan lebih menantang. Berikan mereka kesempatan untuk mengerjakan dengan cara mereka sendiri.

2. Limpahkan Tanggungjawab

Secara bertahap, limpahkan tanggungjawab atas tugas yang biasa Anda kerjakan. Hal tersebut akan lebih mampu mengembangkan mereka dan akan memberikan kebebasan kepada Anda untuk lebih fokus dan melakukan persiapan untuk menjalani pekerjaan lain yang lebih penting.

3. Berikan Pujian

Pujilah anggota jika mereka telah menyelesaikan tugasnya dengan baik dan tunjukkan kepada mereka bahwa Anda menghargai atas usaha yang mereka lakukan.

4. Libatkan Tim Dalam Mengambil Keputusan

Mintalah saran dari anggota tim dalam mengambil keputusan. Dengan melibatkan mereka, akan menambah kepercayaan diri dan merasa dihargai.

5. Ikutkan Dalam Pelatihan atau Seminar

Dengan mengikuti pelatihan atau seminar, khususnya seminar pengembangan manajemen atau pengembangan kepribadian akan membuat anggota tim tersebut merasa penting disamping juga memberikan wawasan dan keterampilan yang terbaru.

6. Selalu Berikan Pujian dan Teguran

Hampir mirip dengan point nomor 3. Pujian dan Teguran yang Rutin disampaikan, akan membuat anggota tim merasa dibimbing. Tentunya dengan penilaian yang jujur dan obyektif.
Sehingga anggota tim akan selalu mawas diri dan selalu berbenah apabila melakukan suatu kesalahan.

Yang Penting, jangan simpan pujian dan teguran sampai tiba saatnya penilaian prestasi formal dilakukan.

7. Jangan Selesaikan Masalah

Jangan menyelesaikan masalah anggota tim. Akan tetapi, ajarilah mereka untuk memecahkan masalah mereka, dalam hal ini bimbingan masih tetap diperlukan. Ada Perbedaan yang paling mendasar antara Menyelesaikan Masalah dengan Mengajar Menyelesaikan Masalah!

8. Selalu “Buka Pintu”

Selalu membuka pintu bukan berarti Anda harus selalu membuka pintu rumah 😀 . Akan tetapi, Anda harus selalu siap dan dapat dihubungi kapan saja dan dimana saja apabila ada anggota tim mengalami permasalahan maupun pertanyaan.
Selalu menjalankan politik pintu terbuka dan pikiran terbuka. 😀

9. Persiapkan Pengganti Anda

Latih anggota tim Anda sehingga satu atau lebih di antara mereka dapat mengambil alih pekerjaan Anda apabila Anda tidak ada ditempat.
Tentunya mengambil alih pekerjaan dengan sepengetahuan dan kewenangan yang sudah anda berikan.
Persiapkanlah sejak dini! Karena kaderisasi juga butuh proses.

Nah, dengan terbongkarnya rahasia  mengembangkan tim yang berkualitas ini akan membantu Anda dalam memanage anggota tim Anda. Apakah Anda setuju? Apakah ada yang akan menambahi, sehingga tidak hanya 9 (sembilan) cara saja untuk mengembangkan tim? Silahkan isikan di kolom komentar dibawah!

prev-next.jpg

10 Ciri Pemimpin Yang Baik

prev-next.jpg

Mengapa Dosen Harus Nge-Blog?

Related posts
3 Responses to “Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim”
  1. # 20 February 2014 at 23:57

    Artikel yang menarik.. khususnya point 8. Buka Pintu

  2. # 21 February 2014 at 02:10

    Wow. mantap…

Trackbacks/Pingbacks
  1. MasluhJamil.Com » Blog Archive Cara Komunikasi Yang Dahsyat - 21 February 2014

    […] 9:34 am » Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim […]

Leave a Reply