Teknologi Awan: Cloud Computing

531 Viewed

bm-cloud-computingTeknologi cloud computing merupakan generasi ke-5 dari teknologi dunia komputer. Ide cloud Muncul awalnya sekitar pada tahun 1960-an yang digagas oleh John McCarthy dan J.C.R Licklider. John McCarthy menjelaskan bahwa “computation delivered as a public utility in the same way as water and power” penyampaian komputasi bisa disamakan dengan alat publik seperti air dan energi. sedangkan J.C.R. Licklider menyamakan cloud computing dengan istilah “the intergalactic computer network”.

Dormant selama 35 tahun telah memulainya di Salesforce.com, sebuah perusahaan amazon web service (AWS) pada tahun 1996-2002. Kemudian dilanjutkan dengan Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) pada tahun 2006 dan search engine terkemuka Google menggunakannya (2009).

Dengan cloud computing, aplikasi, sistem operasi, software dan hardware dapat dijalankan hanya menggunakan jaringan internet. Semuanya berbasiskan service, mulai dari Software as a Service (SaaS), Infrastructure as a Service (IaaS), Platform as a Service (PaaS), dan Everything as a Service (XaaS). Syarat dalam pemanfaatan teknologi cloud hanya tersedianya akses internet.

Provider yang menyediakan service cloud antara lain: Amazon, Google, Salesforce, IBM, Microsoft, HP, dan VMWare.

Penerapan cloud computing meliputi :

1. Public cloud

Penerapannya, semua berbagai sumber daya yang ada di cloud bisa dimanfaatkan oleh berbagai pihak. Pada jenis ini, diharapkan semua data yang bersifat pribadi tidak disarankan disimpan disini.

2. Private cloud

Penerapannya, semua berbagai sumber daya yang ada di cloud hanya bisa dimanfaatkan oleh user yang bersangkutan. cloud jenis inilah yang paling banyak di pilih oleh user.

3. Hybrid cloud

Penerapannya, merupakan cloud jenis komunitas. sehingga sumber daya yang ada di cloud bisa dimanfaatkan oleh anggota dalam komunitas yang ada. jenis ini biasa diterapkan dalam instansi maupun pemerintahan.

Sekilas hanya pengenalan cloud computing technology, sekedar penyemangat agar kita mampu memahami trend teknologi yang hangat berkembang.

seminar-cloud2

prev-next.jpg

Kembali Bekerja – Back to Work

prev-next.jpg

Waspada: langkah-langkah rival

Related posts
Your comment?
Leave a Reply