Sakpole: Kini Bayar Pajak Kendaraan Bisa melalui Bank

253 Viewed

Dulu ada layanan sms untuk mengecek tagihan kendaraan bermotor via sms yang dikirim ke 9600 dengan format isi sms: JATENG (Nopol)

Namun sekarang seiring pesatnya perkembangan teknologi, Minggu (16/07/2017) Pemerintah Propinsi Jawa Tengah meluncurkan aplikasi berbasis android.

Aplikasi tersebut merupakan hasil kerjasama antara Direktorat Lalu Lintas Polda Jateng, Jasa Raharja Jateng, Bank Jateng, dan beberapa perbankan lainnya.

Aplikasi yang diberi nama SAKPOLE (Sistem Administrasi Pajak Online) tidak hanya mampu memberikan informasi nilai pajak kendaraan, namun juga mampu untuk mengeluarkan tagihan pajak, yang kemudian masyarat dapat membayarkan pajak tersebut melalui e-banking, mobile banking atau melalui ATM.
“Untuk pembayaran melalui bank, saat ini baru bisa di Bank Jateng dan BNI. Sekarang baru digodok beberapa bank, nantinya ada 11 bank,” kata Ganjar Pranowo.

Sehingga harapan awal aplikasi ini dibuat tidak lain untuk mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor, dan mengurangi antrean di kantor samsat.

Masyarakat bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Sakpole pada layanan Google Playstore di handphone berbasis android. Setelah aplikasi terpasang pilih menu Pendaftaran

Nama pemilik kendaraan dan nomor KTP harus sama. Ini berarti, kendaraan harus milik sendiri. Bila masih atas nama orang lain harus di Bea Balik Nama (BBN) terlebih dahulu.

Struk atau bukti bayar berlaku 14 hari. Apabila sudah membayar, masyarakat dapat datang ke kantor Samsat Online atau Samsat Keliling untuk ditukar dengan membawa STNK dan KTP.

News Feed

Serunya Ngabuburit Bareng Ansor

Bangga Menjadi Banser, Dinar Selenggarakan Pernikahan Ala Banser Kaliwungu

Related posts
Your comment?
Leave a Reply