Ratusan Operator PTS Hadiri Optimalisasi PDPT

961 Viewed
Keseriusan peserta saat mendengarkan paparan Optimalisasi PDPT di Gedung A Kopertis 6. (Foto: Muhfit Mumtazah)

Keseriusan peserta saat mendengarkan paparan Optimalisasi PDPT di Kopertis 6. (Foto: Muhfit Mumtazah)

MasluhJamil.Com, Semarang: Ratusan perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di wilayah Kopertis Wilayah 6 menghadiri kegiatan Optimalisasi Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT) yang dilaksanakan di Gedung A Kopertis Wilayah 6 hari ini (Kamis, 14/08/2014).

Acara diselenggarakan Kopertis 6 ini untuk mengetahui dan mengatasi permasalahan PDPT yang ada di tingkat perguruan tinggi sekaligus memaparkan penjelasan teknis PDPT.

Tampak hadir Bagian PDPT Kopertis Wilayah 6, diantaranya Prawoto, S.E., M.Si., Agung Nagaro, S.E. dan Sri Hartono, S.Kom. Secara estafet mereka memberikan penjelasan teknis operasional PDPT.

Prawoto menjelaskan bahwa PDPT sudah diundangkan melalui UU 12/2012, sehingga perguruan tinggi berkewajiban melaksanakan UU tersebut.  “Hanya nasib operatornya saja yang belum diundang”, celetuk salahsatu peserta diikuti gelaktawa peserta lainnya menambah cair suasana.

Hartono menjelaskan secara detail proses pengajuan Nomor Induk Dosen (NIDN), pengajuan Nomor Urut Pengajar Nasional (NUPN), serta proses pengajuan NUPN menjadi NIDN. Sedangkan untuk perubahan data dosen, perubahan homebase dosen baik intern maupun ekstern perguruan tinggi dijelaskan oleh Agung.

“Mohon TBDOS yang dipakai untuk verifikasi dan validasi dapat ditampilkan di laman kopertis 6 sehingga dalam proses pelaporan lebih efektif”, pinta salahsatu peserta dalam sesi tanya jawab. Agung pun langsung menjawab akan mengusahakan hal tersebut.

Acara yang ditutup sekitar pukul 14.15 WIB oleh Koordinator Kopertis Wilayah 6, Prof. Dr. DYP Sugiharto, M.Pd.,Kons. Sebelumnya beliau berpesan bahwa PDPT adalah salahsatu dari 3 komponen pokok suatu perguruan tinggi (Yayasan yang legal, Akreditasi Istituasi dan PDPT). Harapannya PDPT beserta operatornya dapat mendapatkan perhatian yang serius khususnya dari pimpinan PT.

News Feed

SMK N 1 Kudus, Juara LKS SMK Kab. Kudus Tahun 2014

Antusiasme Pemuda Rayakan Kemerdekaan RI

Related posts
Your comment?
Leave a Reply