Pinterest, Cara Baru Berbagi Foto dan Keunggulannya

4767 Viewed

pinterest-cara-baru-berbagi-foto-dan-keunggulannyaBagi yang sudah terbiasa menggunakan facebook, twitter dan google plus tidak ada salahnya mencoba salah satu situs “online pinboard”, Pinterest. Konsep yang diusung oleh pinterest semacam sharing papan virtual yang memungkinkan pengguna untuk dapat mengoleksi yang ia suka untuk dibagikan kepada orang lain.

Pinterest adalah sebuah platform jejaring sosial atau sosial media berbasis foto. Foto, atau link (yang disebut “pin” oleh pinterest) akan masuk ke “board” sesuai dengan kategori yang dipilih.

Pinterest diluncurkan pada tahun 2010, termasuk perusahaan start-up digital yang mendapat gelar Best New Startup TechCrunch tahun 2011. Sedangkan dipenghujung akhir tahun 2011, Pinterest sudah mendapat 7 juta unique visitor dalam satu bulan.

pinterest-pew-social-media-2012-2013Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Pew Research Center Interest Project, Pinterest menjadi salah satu media sosial terbesar ketiga yang paling banyak diakses oleh pemuda di Inggris dan Spanyol.

10 Keunggulan Pinterest

Setelah saya telusuri dari berbagai sumber, ternyata Pinterest banyak digemari karena :

  1. Sistem jaringan menggunakan “follow” dan “unfollow” seperti Twitter.
  2. Bookmark link (biasa disebut pin) menggunakan konsep seperti tombol “+” seperti Google Plus.
  3. Link yang sudah di-pin secara otomatis akan masuk ke “board” mirip seperti halaman profil atau timeline Facebook.
  4. Dalam setiap postingan, akan muncul tombol “Comment” dan “Like” seperti Facebook dan dilengkapi tombol “Repin” mirip seperti fungsi “Retweet” pada Twitter.
  5. Setiap ada yang “Repin“, “Comment“, atau “Like” di postingan Anda, akan ada notifikasi yang masuk ke alamat email yang Anda daftarkan, sehingga bisa mengikuti perkembangan Pinterest tanpa harus login ke website jika sedang sibuk.
  6. Login cukup sangat mudah, bisa juga login menggunakan akun Twitter atau Facebook, atau bisa juga dengan membuat akun Pinterest baru.
  7. Bermanfaat buat blogger untuk mempromosikan tulisannya, dan untuk usaha kecil menengah dapat mempromosikan produknya.
  8. Pencarian yang dilakukan oleh pengguna sudah terkotak-kotak atau terbagi berdasarkan kategori yang dipilih, sehingga untuk kalangan pebisnis akan lebih menguntungkan karena pelanggan lebih fokus.
  9. Aplikasi sudah tersebut untuk sistem Android, sehingga pengguna tidak hanya terbatas di depan komputer.
  10. Pinterest sudah membagi “board” untuk “Umum” atau “Rahasia”, sehingga apabila tidak ingin postingan anda diketahui umum, cukup diarahkan ke “Rahasia” (mirip seperti Facebook).

So.. cobalah sosial media baru ini, kalau untuk saya sendiri Pinterest sementara ini saya gunakan untuk mengabadikan foto aktivitas harian saya. Follow me at masluhj

prev-next.jpg

Hosting Gratis Serta Beberapa Spesifikasinya

prev-next.jpg

Wasiat Terlarang (Bagian Pertama)

Related posts
2 Responses to “Pinterest, Cara Baru Berbagi Foto dan Keunggulannya”
  1. # 15 February 2014 at 01:12

    Apakah bisa mensetting foto-foto hanya saya sendiri yang melihat foto tersebut?

    • # 16 February 2014 at 12:37

      Iya bisa. Pinterest menyediakan Pinboard-pinboard yang bersifat privasi sebanyak 8 pinboard. Sehingga Anda bisa menaruh foto-foto yang bersifat pribadi ke dalamnya. Pinboard yang bersifat pribadi tersebut bisa disetting hanya beberapa teman saja yang bisa melihat dan mengomentarinya.

Leave a Reply