Perbedaan hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect

10441 Viewed

sub-addon-parked-redirect-domainBanyak diantara kita yang menanyakan apakah itu hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect.  Kebanyakan mahasiswa atau yang baru belajar bertanya perbedaan hosting dan domain.

Belum lagi perbedaan diantara mereka sangat jelas… wah bagi yang masih awam tambah pusing. Nah, berikut masing-masing pengertian hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect.

1. Hosting (Tempat Penyimpanan Data)
Hosting adalah  istilah layanan berbasis internet yang berupa tempat penyimpanan data atau tempat menjalankan aplikasi di tempat yang terpusat biasa disebut dengan server. Jenis hosting bermacam-macam, dari mulai Web Hosting, Email Hosting, FTP Hosting sampai VPN Hosting.

2. Domain (Nama Website)
Domain adalah sebuah nama yang digunakan sebagai nama website dan bersifat unik. Ingat, nama domain harus mudah diingat dan diketik. Untuk mempermudah, pilih penyedia layanan hosting yang menyertakan layanan pendaftaran nama domain.

Nama domain berekstensi atau berakhiran seperti .com .net .ac.id .web.id .biz .info dan lebih banyak lagi. Untuk domain dengan ekstensi seperti .biz .info dan .us lebih banyak tersedia dari pada nama domain dengan ekstensi .com dan .net karena .com dan .net telah lama beredar.

3. Subdomain
Subdomain adalah bagian dari domain utama atau bisa dikatakan subdomain adalah anak dari domain. Subdomain dapat dibuat sebebas mungkin tanpa perlu membeli lagi domain. Subdomain sering digunakan untuk membedakan fungsi atau bagian dari website.

Saya ambil contoh saja dari domain dari website masluhjamil.com yang memiliki beberapa subdomain:

  • masluhjamil.com, blog adalah subdomain yang saya gunakan untuk sebagai web blog pribadi.
  • file.masluhjamil.com, file merupakah bagian dari domain masluhjamil.com yang digunakan untuk repository file yang saya simpan.
  • digilib.masluhjamil.com, digilib adalah subbagian dari domain masluhjamil.com yang saya gunakan untuk digital library pribadi.

4. Addon domain
Addon domain adalah domain yang ditambahkan ke hosting domain utama dan diarahkan ke sub-direktori sebuah website hosting domain utama sehingga domain tersebut akan menampilkan isi web dari sub-direktori itu.

Addon domain digunakan apabila ingin menampilkan beberapa website dalam satu hosting. Dengan fitur ini Anda hanya perlu membeli nama domain lagi dan ditambahkan ke hosting Anda dan Anda akan mempunyai 2 website yang aktif dengan isi berbeda.

5. Parked domain
Parked domain adalah domain yang diparkirkan ke atas domain utama sehingga pada saat domain yang diparkingkan jika diakses akan menampilkan sama seperti web domain utama.

6. Redirect
Redirects digunakan untuk membuat subdomain agar mengarah ke website/URL tertentu. Dengan cara ini kita dapat membuat halaman dengan URL yang panjang dapat diakses oleh halaman yang memiliki URL lebih pendek dan lebih mudah diingat seperti subdomain.

Untuk parked domain dan redirect, hampir sama pengertiannya akan tetapi yang membedakan adalah parked domain itu mengarahkan ke domain utama, sedangkan redirect akan membuat subdomain dan mengarahkan ke website/url tertentu. CMIIW.

Sudah fahamkan apakah itu hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect? Semoga bisa menambah khazanah pengetahuan kita bersama.

prev-next.jpg

3 TIPS UNTUK MEMBOOST KEBERANIAN

prev-next.jpg

Hosting Gratis Serta Beberapa Spesifikasinya

Related posts
7 Responses to “Perbedaan hosting, domain, subdomain, addon domain, park domain dan redirect”
  1. # 15 February 2014 at 01:16

    Untuk membuat sebuah website mahal tidak? seandainya saya membuat, manakah yang harus saya buat terlebih dahulu.

    • # 16 February 2014 at 12:42

      Untuk membuat website pribadi (yang berbayar) yang harus dimiliki untuk awalnya adalah hosting dan domain. Namun apabila sekedar belajar pada awalnya bisa menggunakan wordpress.com ataupun blogspot.com

      Masalah mahal atau murah itu relatif. Ada yang pertahun 300rb, ada yang 700rb, ada yang 1jt pertahun. Tergantung penggunaannya.

      • Anonymous
        # 24 February 2016 at 14:04

        Pak, saya mau buat sub domain tapi saya belum paham, mohon penjelasan??

  2. # 28 February 2016 at 00:44

    Bagaimana cara mmbuat nama subdomain ,contoh domain ibubapak.blogspot.com maka sub domainnya apa

  3. # 8 March 2016 at 19:00

    Aslm…permisi gan!! Saya mau nanya kalo untuk membuat e-commerce pribadi di wordpress dengan nama domain dan hosting pribadi kira2 berapa biaya perbulan atau pertahun nya? yang paling murah pertahunya?,dengan plugin cms dan kawan2 nya wordpress

  4. # 13 July 2016 at 19:53

    Thanks atas informasinya gan..semoga bermanfaat buat semua yang membaca

  5. # 3 October 2016 at 14:00

    terimakasih mas, penjelasannya simpel soalnya saya mau bikin subdomain

Leave a Reply