Ngamen Pasar Ikut Melestarikan Budaya Lokal

6930 Viewed

ngamen-pasarKudus-Disaat orang lain lelah karena kesibukan dan asyik bekerja, mereka justru memberikan hiburan yang bersifat gratis.

Sekelompok pemuda yang berjumlah kurang lebih 10 orang yang berseragam ala daerah dan membawa alat musik tradisional angklung.

Pada hari Jum’at (20/12/2013) kemarin ikut nimbrung “ngamen pasar” memeriahkan suasana hari itu di Pasar Kliwon. Mereka tidak sekedar memainkan musik, tetapi mereka pun ikut menari dengan gerakan yang disesuaikan musiknya.

Beberapa lagu yang dimainkan pun beragam, tak lupa juga lagu “Oplosan”, “Buka Sithik Joss” ala caesar-pun mereka pentaskan. Patut kita apresiasi apa yang telah mereka lakukan untuk melestarikan budaya lokal yang kini telah dikenal dunia, angklung. Bahkan sudah ada peringatan hari angklung sedunia yang kita peringati setiap tanggal 16 November.

“Bagus, kreatif, dan anehnya mereka masih muda-muda,” kata pemilik salah satu kios di Pasar Kliwon. Karena kepiawaiannya, tidak sedikit pemilik/pegawai kios yang memberikan mereka makanan/minuman alakadarnya, sebisa dan semampu mereka. Dan yang pasti BUKAN UANG tujuan mereka Ngamen Pasar.

Andaikan pemerintah lebih memperhatikan dan ikut aktif melestarikan serta mengembangkan apa yang mereka perbuat, niscaya kebudayaan asli kita pun akan terlestari dengan baik. Banyak benih-benih seniman yang tersebar jalanan yang belum terangkat dan terfasilitasi.

Update: (19/01/2014) Upload Video di Youtube:

prev-next.jpg

Tipe File pada Basis Data

Penarikan Mahasiswa KKN UMK 2013 Dalam Talkshow

Related posts
2 Responses to “Ngamen Pasar Ikut Melestarikan Budaya Lokal”
  1. # 26 July 2015 at 11:26

    yang kaya gini yang keren mas. pemuda adalah roda penggerak kemajuan. bila para pemuda nya pasif dan ngga kreatif… bisa dipastikan daerah itu akan mengalami kemunduran.

    • masluhj
      # 10 August 2015 at 12:40

      Sependapat mas, seperti kata Bung Karno. Berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kugoncangkan dunia. Bisa ditarik benang merah, ditangan pemuda-lah nasib bangsa kita. Salaman…

Leave a Reply