Mil, Jamil. Sini aku kasih tahu!!!

86 Viewed

Jika kamu masih “aware” dengan dirimu, anak istrimu serta bangsamu, kamu musti bertabayyun, Mil.

Cek and ricek serta browsing sana-sini untuk mendapatkan simpulan informasi yang benar dari berbagai sudut pandang. Yang ngomong gitu ndak aku saja lho, Mil. Aku hanya meneruskan kata-kata pak Kepsuk… Kepala Suku.

Saat browsing ataupun dapat link informasi, tentunya harus kamu baca juga isinya, Mil.

Jangan hanya baca judul saja, lantas kamu berani membuat kesimpulan, Mil. Apalagi langsung maen share.

Ingat Mil, banyak orang yang terjebak dan tersesat, karena main share informasi dengan judul yang bombastis, namun isinya tidak mengupas sampai tuntas.

Sekali lagi ingat, Mil. Dengan beropini atau bahkan membuat simpulan dari informasi yang bersumber dari membaca satu dua informasi yang kamu dapatkan, tidak akan menjadikanmu tampak lebih pintar.

Belum lagi kalo dilihat dari asal sumber informasi yang kamu dapat. Shohih apa dhoif? Kredible apa tidak? Nah lho…

Gitu Mil, kamu harus lihat-lihat. Jangan hanya dapat link langsung maen share aja…. Ayow lah, hari gini asal maen share. Apa kata dunia! Isin aku.

Karena banyak dari kita ini Mil, gampang dan mudah terkecoh, karena begitu deras dan mudahnya informasi baru didapat, namun tidak bisa dan tidak mau mencernanya.

Meskipun kita dapat link tersebut, dari teman yang kita percaya, meskipun sudah mumpuni ilmunya, sudah tinggi pendidikannya, serta sudah tinggi kedudukannya, ditambah teman kita kaya raya, apalagi sering nraktir ngopi di warung mbak Siti.

Karena terkadang, Mil. Mendekat sini lho, Mil. Jangan semakin menjauh. Aku bisikin ke kamu. Hanya ke kamu saja, karena kamu kan bolo dengan aku. Ini rahasia lho…

Jari mereka itu kesemutan kalo ndak langsung share informasi yang mereka dapat. Karena mereka takut, tidak mendapat pahala, karena mereka khawatir ndak bisa ikut masuk surga.

Namun mbok yao dibaca lagi, Mil. Ditelaah lagi, lengkapi bacaanmu dengan informasi lainnya dari berbagai sumber yang shohih, yang kredibel.

Mil, aku ngalor ngidul nulis status gaje (gak jelas) pake banget, seperti ini. Karena aku perhatian sama kamu, Mil. Kamu sahabat karibku. Karena kamu boloku…

Contohlah beberapa teman kita, Mil. Meskipun mereka sering berbeda pandangan di dunia maya. Namun, di dunia nyata mereka masih berkawan seperti biasa kog. Masih berhaha-hihi seperti biasa.

Perbedaan pendapat biasa. Namun, bisa memahami pendapat yang berbeda, baru luar biasa.

Beda pandangan janganlah membuat pertemanan semakin kendur. Apalagi malah semakin hancur.

Kamu harusnya seperti teman kita ini nih…(khususnya teman kita yang masih betah baca sampai baris ini), mereka berdiskusi untuk mendapatkan tambahan wawasan, tambahan keilmuan. Mereka berusaha untuk menuju kebenaran bukannya mencari pembenaran.

Bukannya malah debat kusir tanpa konklusi yang pasti, belum lagi debatnya berjilid-jilid tanpa berkesudahan. Aduh, capek dech…

Udah, gitu aja Mil… Aku mau ke dokter spesialis dulu. Periksa. Karena kemarin ada yang mengingatkanku, MASIH WARAS KAH???

News Feed
Filed in

Pantaskah Engkau Mengenalku

Related posts
Your comment?
Leave a Reply