KPPS Bisa Selfie Berjamaah: Dokumentasi Pribadi

566 Viewed
foto-bersama-kpps-pileg-2014

KPPS TPS 6 – Selfi Berjamaah

Syukur alhamdulillah, kami panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS kami telah berjalan lancar. Terima kasih kami haturkan kepada Bapak-Bapak dan teman-teman semua anggota KPPS pada TPS 6 yang telah ikut menyukseskan pemungutan suara sehingga selesai tanggal 9 April 2014 kemarin. Mohon maaf teman-teman, baru bisa posting saat ini.

Karena seperti kita ketahui, Petugas KPPS adalah orang pertama dan terakhir yang berada di TPS. Kerja KPPS-pun tidak hanya sebatas saat pelaksanaan pemungutan suara saja, akan tetapi mereka sudah bekerja jauh-jauh hari sebelum hari pencoblosan. Mereka dituntut mampu bersikap netral, termasuk ditengah-tengah suasana yang “ramai” sebelum pemilihan berlangsung.

Alhamdulillah sekali lagi kami ucapkan, saat kami selesai melakukan pemberkasan dengan packing dan pengisian berita acara selesai tepat jam 20.00 WIB.

Alangkah terkejutnya saya pribadi setelah mengetahui keesokan harinya bahwa teman-teman KPPS ditempat lain, ada yang selesai sampai pukul 24.00 WIB. Hal senada juga terjadi di Kabupaten lain, bahkan sampai adzan shubuh berkumandang, teman-teman KPPS masih sibuk mengerjakan berita acara. Tidak bisa saya bayangkan betapa capek dan lelah yang mereka rasakan.

Maka tak berlebihan, apabila ada yang mengatakan:

KPPS adalah pahlawan demokrasi yang besar peranannya namun kecil penghargaannya.

Mereka adalah pahlawan yang terlewatkan dalam pesta demokrasi.

Berikut beberapa foto yang terekam saat proses pemungutan suara pada Pemilihan Legislatif Tahun 2014. (hanya sekedar dokumentasi pribadi.. hehe)

kpps-siap-mensukseskan-pileg-2014

KPPS TPS 6 Siap Mensukseskan Pileg 2014

Petugas KPPS yang selalu siap melayani para pemilih yang akan memberikan suaranya di TPS 6.  Setelah dilakukan sumpah,  kemudian kami bertugas sesuai dengan tugas masing-masing. Pengecekan pemilih yang datang ke TPS dilakukan apakah memang pemilih tersebut benar-benar terdaftar di DPT yang ada di TPS kami atau tidak. Memeriksa jari-jari pemilih apakah sudah pernah melakukan pencoblosan? Mendata pemilih pada daftar hadir pemilih.

suasana-pileg-setelah-jam-12

Santainya Suasana Pileg Setelah Jam 12.00 WIB. Sebelumnya? Beuh… Tidak ada waktu Istirahat

Selanjutnya pemilih dipersilahkan untuk antri dengan duduk di kursi yang telah disediakan menunggu untuk dipanggil melakukan pencoblosan. Pemilih datang silih berganti, seakan tidak ada selesainya. Jari jemari pun seakan merasa akan patah karena tiada henti-hentinya mengisi data-data di kartu suara. Tapi hal itu tidak membuat kami surut, karena banyak warga yang antusias turut menyukseskan Pemilu tahun ini. Seiring waktu berjalan, semakin siang akhirnya pemilih pun semakin berkurang. Tepat waktu menunjukkan pukul 12.00 WIB pemilih yang belum datang  kurang dari 70 pemilih. Alhamdulillah…

keamanan-ikut-mencoblos-pileg-2014

Linmas: Tidak hanya mengamankan, tetapi ikut Mencoblos di TPS 6

Selesai diberikan surat suara, pemilih pun memberikan suaranya di bilik yang telah disediakan. Entah mengapa, kebanyakan pemilih setelah dibilik suara kog suka berlama-lama disana. Mungkin sedang mengagumi Caleg Idola mereka..

aktivitas-kpps-pileg-2014

Selesai coblos..Masukkan surat suara sesuai kotaknya lalu celupkan jari ke tinta

Setelah menentukan pilihan dari banyak pilihan, segera lipat surat suara seperti sedia kala. Dan masukkan surat suara kedalam kotak suara sesuai jenisnya (Kuning untuk DPR, Merah untuk DPD, Biru untuk DPRD Prov, dan Hijau untuk DPRD Kab). Awas… jangan salah masuk… nanti ribet KPPS nya.

Setelah itu, berikan tanda bahwa anda telah menggunakan hak pilih dengan mencelupkan jari anda ke tinta yang telah disediakan. Kami menyebutnya, jarinya dikasih stempel biar sah.. hehe

Hasil Akhir Penghitungan Suara Pemilihan Umum Legislatif saya sajikan dalam postingan tersendiri. Bagi yang minat melihat data statistiknya, monggo silahkan…

Walaupun ditengah-tengah kesibukan, KPPS pun masih bisa berselfie ria secara berjamaah. Harap dimaklumi, karena sebagian besar dari kami adalah muda-mudi yang masih mencari jatidiri sejati-jatinya.. hehe

 

Bagaimana cerita dan keadaan pemilu di daerahmu kawan…?

 


Masluh Jamil
Follow me on Twitter | Facebook | GooglePlus

News Feed
peserta-pemilu-pileg-2014

Hasil Akhir Penghitungan Pemilihan Umum Legislatif 2014

Mengelola-Keuangan

6 Cara Mengelola Keuangan

Related posts
Trackbacks/Pingbacks
  1. Hasil Akhir Penghitungan Pemilihan Umum Legislatif 2014 - 17 April 2014

    […] lupa, Petugas KPPS pun menyempatkan diri berselfie ria secara berjamaah untuk mengenang momen pemilihan umum legislatif tahun […]

Leave a Reply