Kembali Bekerja – Back to Work

1079 Viewed

BacktoWorkSaat-saat Idul Fitri atau lebaran telah berlalu. Liburan pun harus kita akhiri. Suka ataupun tidak, kini kita harus kembali beraktivitas setelah melewati saat silaturahim yang mengesankan dengan sanak saudara.

Nah, persoalannya, memulai kerja setelah libur lebaran seringkali bukan perkara menyenangkan. Godaan malas, asyik berlindung di balik selimut dan mengenang saat liburan kerap mengganggu. Bahkan melangkah ke kantor pun sudah berat karena terbayang kemacetan. Apalagi kalau baru ikut arus balik yang bikin penat.

Sebetulnya, adalah hal biasa jika kita merasa kurang enak setelah liburan, entah itu cuti atau libur hari besar. Maklum, beberapa hari kita sudah dibebaskan dari berangkat pagi, omelan bos, atau keluhan klien. Tubuh dan pikiran kita sudah merasakan rileks untuk beberapa waktu. Namun, tentu saja itu tak boleh dituruti. Sebab semakin kita menuruti rasa hati, tubuh ini semakin tidak terkondisikan untuk beraktivitas lagi. Caranya?

Berikut adalah tips membakar semangat seusai libur:

Back to reality

Kita harus menyiapkan mental, pikiran dan tubuh untuk kembali ke ritme sebelumnya. Putar kembali jam tidur, bangun tidur, dan sebagainya seperti waktu sebelumnya. Ingat, libur telah usai. Masa kerja telah tiba.

Masuk lebih awal

Memang berat datang lebih awal. Tapi dengan masuk lebih pagi, kita bisa mengondisikan tubuh dan pikiran untuk kembali ke ritme semula. Selain itu, kita juga bisa melakukan banyak hal dengan masuk lebih awal seperti mengecek surat/email dan tak kalah penting: merapikan tempat kerja setelah ditinggal sekian hari. Tempat kerja yang resik akan menambah semangat kerja.

Kecepatan rendah

Setelah meninggalkan tempat kerja untuk beberapa hari, ritme kerja kita belum normal. Untuk itu, saat baru satu-dua hari baru masuk kerja, mulailah dengan kecepatan rendah. Seperti mobil yang baru dipacu setelah diparkir sekian lama, jangan langsung masuk ke gigi tinggi. Maklum, masa masuk kerja setelah libur adalah masa transisi menuju ritme yang sebelumnya. Setelah cukup panas, baru kitangebut lagi. Kita perlu smooth return!

Pilih yang mudah

Luangkan waktu untuk menyegarkan ingatan tentang tugas yang masih tertunda karena libur. Dalam konteks memulai lagi bekerja setelah libur, pilih satu-dua pekerjaan yang mudah. Gunanya adalah sebagai ice breaking. Sebagai pemecah kevakuman. Jadi, lakukan sesuatu yang easy and simple! Jangan yang berat-berat dulu!

Sumber : http://caringcareer.caringcolours.com

prev-next.jpg

Manajemen Waktu merupakan Awal sebuah Keberhasilan

prev-next.jpg

Teknologi Awan: Cloud Computing

Related posts
Trackbacks/Pingbacks
  1. MasluhJamil.Com » Blog Archive 7 Tips Mengatasi Galau - 4 March 2014

    […] ke-7 cara mengatasi galau tersebut. Masih banyak prioritas dan aktivitas yang harus Anda dahulukan. Kerja atau Sekolah. Masih terbentang luas masa depan Anda. Masih banyak cita-cita yang harus Anda […]

Leave a Reply