Karena Pahlawan Kebersihan, Kota Kretek Boyong Adipura Kencana

69 Viewed

Car Free Day (CFD) pagi ini (Minggu, 06/08/2017) nampak berbeda dari CFD sebelumnya. Sekitar lebih dari 2000an warga Kudus berkumpul di alun-alun Kudus untuk mengungkapkan kegembiraannya, karena Kudus memperoleh Adipura Kencana.

Acara yang dihadiri oleh berbagai tokoh di Kabupaten Kudus, baik Bupati Kudus, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI, Polri, tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, pelajar, serta warga Kabupaten Kudus ini berlangsung meriah.

Bupati Kudus Menyerahkan Penghargaan Adipura yang diterimanya dari Presiden RI kepada warga Kudus untuk dikirab. Nampak iring-iringan warga Kudus yang diselingi dengan barongsai, drumband, kesenian terbang papat, yang diikuti oleh iring-iringan “Pahlawan Kebersihan” Kabupaten Kudus.

Kirab dimulai dari Jalan Lukmono Hadi melewati Alun-Alun dan berakhir di Kodim 0722 Kudus.

Dalam sambutannya, Bupati Kudus berpesan kepada masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan, meskipun Bupatinya sudah berganti.
“Penghargaan ini saya titipkan, agar nantinya dijaga dan dipertahankan,” ungkap pria yang akrab disapa Kang Mus.

Menurutnya, tanpa dukungan dari berbagai pihak, khususnya teman-teman, yang tak kalah penting adalah petugas kebersihan. Karena merekalah yang secara langsung berperan menjaga kebersihan kota.
“Kami bukan siapa-siapa, tanpa warga Kudus, kami tidak bisa melakukan apa-apa”, imbuhnya.

Adipura Kencana merupakan penghargaan Adipura tertinggi yang diberikan kepada Kabupaten atau Kota yang memenuhi syarat sebagai Kota yang berkelanjutan, dan meraih anugerah Adipura sebelumnya minimal tiga kali berturut-turut.

Sebagaimana kita ketahui bersama, Kabupaten Kudus sukses meraih Piala Adipura tahun 2009, 2011, 2012, 2013. 2014, 2015 dan 2016. Sehingga tahun ini, 2017 akhirnya Kabupaten Kudus memperoleh Adipura Kencana.

Selain Kabupaten Kudus, penghargaan Adipura 2017 diberikan kepada Kota Surabaya, Kota Tangerang, Kota Balikpapan, Kota Malang, serta Kabupaten Jombang yang diberikan langsung oleh Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Rabu (02/8/2017).

Filed in

Kala Santri Tak Hanya Mengaji

Related posts
Your comment?
Leave a Reply