Karakter Rajin: Apa dan Bagaimana?

1182 Viewed

karakter-rajinBanyak sekali cara untuk menjadi rajin atau tidak malas. Tapi bagaimana cara untuk membentuk karakter rajin. Sehingga rajin tidak hanya rutinitas sesaat saja. Karakter rajin sangat diperlukan oleh siapa saja, baik itu anak kecil, maupun dewasa, termasuk Anda! Bahkan dalam dunia blogger pun harus sudah terbentuk karakter rajin.

Menurut Andrie Wongso, salah satu motivator sukses Indonesia memiliki kiat bagaimana untuk membentuk karakter rajin.

Bagaimana Membentuk Karakter Rajin?

1. Tentukan Tujuan

Tanpa tujuan yang jelas, maka Anda tidak akan mengetahui kemana arah langkah Anda. Ketidaktahuan arah akan memnbuat Anda mudah lelah dan akhirnya menjadi jenuh. Segera! ketahui dengan jelas, untuk tujuan apa Anda bekerja, bertindak dan berjuang.

2. Kenali Faktor Yang Menghambat

Coba, gali dan kenali hal-hal yang bisa menghambat pekerjaan Anda. Salah satunya adalah sifat menunda-nunda pekerjaan.

karakter-rajin-to-do-listBuat skala prioritas, buat to do list! Tentukan mana pekerjaan yang penting dan mendesak, tentukan mana pekerjaan yang penting tidak mendesak, tentukan pekerjaan mana yang kurang penting tapi mendesak dan pekerjaan mana yang kurang penting dan kurang mendesak.

3. Konsisten

Karakter rajin akan terbentuk dengan konsistensi yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga akan menjadi kebiasaan.
Ada yang pomeo yang mengatakan, dengan melakukan pekerjaan yang berulang-ulang secara konsisten selama 40 hari, akan mampu membentuk karakter Anda.

4. Jangan suka beralasan “lupa”

Lupa, adalah sifat dasar manusia. Namun janganlah selalu Anda jadikan alasan. Sekali lagi, buatlah daftar atau to do list. Kalau perlu buatlah pengingat atau reminder di gadget atau handphone maupun di catatan Anda. Dengan reminder, Anda akan dapat lebih berkonsentrasi dengan pekerjaan ataupun aktivitas yang sedang Anda kerjakan.

Rajin adalah syarat mutlat untuk mencapai kesuksesan, baik itu dalam berbisnis maupun kehidupan pribadi. Mulai sekarang, ubahlah cara berpikir dan cara pandang Anda. Tentukan tujuan Anda dan ulangi terus-menerus secara konsisten usaha yang Anda lakukan untuk menjadi pribadi yang berkarakter rajin.  Orang lain pun akan menghargai Anda, apabila anda memiliki pribadi yang rajin.

Sudahkah anda bersikap rajin hari ini?


Masluh Jamil
Follow me on Twitter | Facebook | GooglePlus

prev-next.jpg

7 Hal Agar Anda Dapat Dihargai Orang Lain

prev-next.jpg

4 Tipe Bisnis Wajib Anda Ketahui

Related posts
Your comment?
Leave a Reply