Hak Akses UserLevel (Role) Dalam WordPress

7448 Viewed

people-hak-akses-user-level-role-wordpressHak akses atau userlevel di dalam WordPress yang sering disebut dengan istilah ‘role’ dibagi ke dalam beberapa level, antara lain administrator, contributor, author, dan editor.  Masing-masing userlevel tersebut memiliki hak akses yang beda-beda, tergantung kewenangan user yang akan kita berikan.

1. ADMINISTRATOR
Role ini memiliki kedudukan tertinggi di dalam hak akses wordpress. User ini bisa memiliki akses semua fitur yang ada didalam WordPress, antara lain administrasi plugin, manajemen user, manajemen artikel baik yang bersifat private maupun publik (bisa berupa post maupun page), pengaturan theme, manajemen kategori, file dan media yang diupload serta mampu memoderasi komentar.

2. EDITOR
Role yang berada dibawah administrator adalah editor. Hak akses yang dimiliki oleh editor adalah melakukan segala bentuk administrasi semua artikel (bisa berupa post maupun page), manajemen kategori, upload file/media serta melakukan moderasi komentar. Akses yang TIDAK bisa dilakukan oleh editor adalah manajemen user, plugin dan theme.

3. AUTHOR
Role setingkat dibawah Editor adalah Author, ia berhak mengatur manajemen artikel (berjenis post) yang ditulisnya sendiri termasuk dapat mem-publish artikelnya sendiri, serta berhak melakukan upload file. Bedanya dengan role Editor adalah, dia tidak bisa melakukan moderasi komentar (meskipun komentar itu berada pada artikel yang di postingnya sendiri).

4. CONTRIBUTOR
Role yang letaknya persis dibawah author hanya berhak untuk menulis artikel (berjenis post) serta mengeditnya. Artikel yang bisa diedit, hanya artikel yang ditulis oleh contributor itu sendiri. Artikel yang telah ditulis oleh contributor hanya bisa dipublish oleh Level Administrator atau Level Editor, dengan kata lain contributor tidak bisa mempublish tulisannya. Artikel yang telah di publish oleh Administrator atau Editor tidak dapat diedit/dihapus lagi oleh contributor.

5. SUBSCRIBER
Role subscriber adalah level yang paling bawah dalam manajemen role WordPress. Subscriber dapat membaca, dan memberikan komentar. Kelebihan subscriber dibandingkan dengan pengunjung biasa (guest user) adalah, subscriber dapat membaca post yang di “private” dan mengomentari post yang kolom komentarnya telah dilimit/dibatasi atau dibuat ketentuan “Users must be registered and logged in to comment” pada menu Discussion Settings.

Berikut list Hak Akses (Role) User WordPress:

table-summary-hak-akses-user-level-role-wordpress

structure-hak-akses-user-level-role-wordpress

 

News Feed

Safety Riding: Sebelum Berkendara Disaat Musim Hujan

prev-next.jpg

11 + 1 Rahasia “Ilmu Mengambil Keputusan”

Related posts
7 Responses to “Hak Akses UserLevel (Role) Dalam WordPress”
  1. # 4 March 2014 at 10:42

    Terimakasih ilmunya pakdhe, saya malah baru tau loh penjelasan detail dari hak akses masing-masing user.hehe…

    • # 4 March 2014 at 12:52

      Sama-sama pak dhe. Kita belajar bareng. Terima kasih juga sudah meluangkan waktu untuk mampir dan memberikan masukan.

  2. # 29 April 2015 at 19:06

    itu pluginnya apa mas?trimakasih sebelumnya.

    • masluhj
      # 13 May 2015 at 15:07

      Tidak pakai plugin mas.
      Itu pengaturan standard user di wordpress

      Terima kasih juga sudah berkenan mampir sini

  3. # 3 January 2016 at 00:16

    Wah, blog saya administratornya malah dua. Cuma akunnya saja sih. Soal, waktu ganti gambar profil di gravatar, linknya jadi blog balik ke blog lama yang sudah dihapus. Bikin gravatar lagi. Dan, tiap berkomentar malah saya gakdapat backlink. Gimana ini?

    • masluhj
      # 12 January 2016 at 12:27

      Wah, sudah bagus ya, banyak administrator berarti ramai artikelnya.
      gravatar apa tidak sesuai dengan email yang kita pakai di pendataan user maupun yang dipakai saat komentar?

  4. dani
    # 1 October 2016 at 15:08

    pakdhe, mau konsul nih, hak akses pada website saya, saya ubah jadi none, jadi, sekarang malah isi konten website saya ga muncul.. gmna tuh pakde solusi nyaa? urgent banget pakdhe..

Leave a Reply