Bagaimana Anda Membaca Di Website?

912 Viewed

bagaimana-anda-membacaBagi Anda sudah mencoba membuat tulisan yang menarik, mencatat dan melakukan posting artikel di website. Coba Anda instropeksi diri sendiri bagaimana Anda membaca di website? Dengan mengetahuinya, maka Anda akan lebih faham apa yang diinginkan oleh pengunjung website Anda.

Tetapi jangan cepat  putus asa ataupun kecewa karna tidak dibaca artikel atau postingannya ya… baik itu tidak dibaca sebagian maupun seluruhnya oleh pengunjung blog setia Anda. Apalagi jika tulisan tersebut adalah hasil dari semedi dan berkonsentrasi selama berhari-hari untuk mendapatkan wangsit atau ide menulis di blog Anda.

Saat postingan Anda tidak dibaca, Anda harus ingat bahwa mindset atau tujuan awal  Anda nge-blog adalah untuk memberikan informasi apa yang dibutuhkan oleh pembaca. Sehingga akan terjalin komunikasi antara Anda dan pengunjung blog. Masalah bagaimana pengunjung membaca postingan Anda, sebenarnya sudah pernah dilakukan penelitian lho ya.. yang dilakukan oleh Jakob Nielsen, dia adalah seorang pakar konten website dari Denmark. Sudah berkenalan belom? 😀

Bagaimana Anda Membaca

  1. Sebenarnya pengunjung pertama kali melihat teks (78%), bukan melihat foto ataupun grafisnya.
  2. Pertama kali pengunjung tertarik pada judul, ringkasan tulisan, dan caption.
  3. Pengunjung tidak membaca kata perkata, melainkan lebih banyak memindai (79%),  sekitar 16% yang membaca kata perkata, tampilan situs, terutama kata-kata yang di highlight, jenis huruf berbeda, penyajian dengan butir-butir (numerik, bullet, atau numbering)
  4. Kebanyakan pengunjung melihat, memindai, baru membaca.
  5. Saat memindai, 80% memindai dari kiri atas ke kanan, lalu memindai gambar, grafis dan desain.
  6. Sekitar 20% membaca kata demi kata: judul, anak judul, kutipan, textbox, serta huruf tebal, miring, underline dan huruf berwarna.
  7. Pengunjung lebih menyukai hal-hal yang “to the point“, langsung ke pokok informasi (straightforward), dibandingkan judul yang lucu atau cantik.
  8. Pengunjung banyak yang membaca ringkasan atau media tulisan pendek karena membaca di layar monitor 25% lebih lambat dibanding membaca melalui media cetak.
  9. Pengunjung tidak suka berlama-lama di satu halaman atau satu situs. Karena pengunjung selalu tidak sabaran dan memiliki hak “otoritas penuh” untuk pindah atau tetap disatu situs.
  10. Kunjungan yang bertahan disebuah halaman suatu media online selama 10 menit sudah termasuk lama.

Setelah membaca kesepuluh point di atas, maka Anda akan lebih faham bagaimana Anda membaca di website, sehingga Anda bisa “ngopeni” pengunjung setia blog atau media online Anda. Bagaimana? sudah siap untuk mencari wangsit lainnya? Tetap fokus dan konsentrasi di dalam menulis artikel atau postingan.


Masluh Jamil
Follow me on Twitter | Facebook | GooglePlus

prev-next.jpg

4 Tipe Bisnis Wajib Anda Ketahui

keseimbangan-kerja-dan-keluarga-work-life-balance

Keseimbangan Kerja dan Keluarga: Work Life Balance

Related posts
2 Responses to “Bagaimana Anda Membaca Di Website?”
  1. Eko Rasinto
    # 12 August 2016 at 09:56

    Terimakasih atas artikel tulisan anda, bagus dan bermanfaat terutama untuk saya pribadi. Semoga akan terus berkreasi.

Trackbacks/Pingbacks
  1. MasluhJamil.Com » Blog Archive Ebook Buka Langsung Laris : Harga Dicoret Siap Dijebret! - 17 March 2014

    […] ada pertanyaan (seperti yang diajukan Cak Lontong dalam acara Lawak Klub), duluan mana menulis atau membaca? Kira-kira anda bisa menjawabnya? menulis apa membaca yang duluan? Apakah menulisnya? atau […]

Leave a Reply