Aptisi Wilayah VI Jateng Selenggarakan Pelatihan Pengisian ISO

1013 Viewed

Budi Djatmiko menyampaikan Materi Pentingnya ISO. Rabu (3/9/2014) di Hotel Noormans Semarang. (Foto: Dokpri)

Semarang. Pelatihan Pengisian International Standard Organization, ISO 9001-2008 Perguruan Tinggi Swasta bagi Anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (Aptisi) yang dilaksanakan Rabu s/d Kamis, 3 s/d 4 September 2014 di Hotel Noormans Semarang diikuti dengan semangat oleh para peserta.

Prof. Dr. Dwi Yuwono Puji Sugiharto, M.Pd.,Kons yang akrab disapa Prof DYP, selaku Koordinator Kopertis Wil VI Jateng, dalam sambutannya mengemukakan bahwa kebanyakan dari kita selalu kurang dalam hal pendokumentasian.

“Hendaknya kita bisa catat apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang dicatat”, pesannya sebelum menutup sambutannya.

Antusiasme Peserta PElatihan. (Foto: Dokpri)

Acara yang dimoderatori oleh Drs. Bagus Prayitno MT (Sekretaris I Asosiasi Perguruan Tinggi Jawa Tengah) tersebut dihadiri sekitar 60 peserta dari berbagai perguruan tinggi tersebut berlangsung secara aktif. Hal tersebut bisa disaksikan disela-sela narasumber memberikan materinya, peserta sering melakukan interupsi menanyakan hal-hal yang dirasa kurang dimengerti.

Tampak hadir Ketua Aptisi Pusat Bidang Organisasi, Dr. Ir. M. Budi Djatmiko, M.Si, M.Ei sebagai pemateri utama dan Heri Jumaidi dari Konsultan ISO 9001:2008.

Heri Jumaidi, Konsultan ISO pun hadir memberikan materi. (Foto: Dokpri)

Budi menjelaskan tentang perlunya penerapan ISO dalam perguruan tinggi, serta perbandingan antara LAM-PT (Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi), BAN-PT (Badan Akreditasi Perguruan Tinggi). Dan juga perbedaan serta persamaan antara AIPT (Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi) dan ISO. Budi, yang juga Ketua LAM-PT Aptisi Pusat juga menjelaskan 7 standar minimal yang harus dipenuhi pada AIPT.

Prof. Dr. Y. Sutomo, MM, Sekretaris APTISI Wil. VI, Semarang menutup pelatihan sekaligus mengemukakan kesimpulan dan pandangannya. Tomo juga memberikan informasi tentang akreditasi, isu-isu terhangat seputar perguruan tinggi swasta serta capaian, rencana dan harapan Aptisi.

Narsis dulu sebelum ditutup. (Foto: Dokpri)

prev-next.jpg

Dicari Kompasianer Muda, Meyliska

Catat Apa Yang Dilakukan, Dan Lakukan Apa Yang Dicatat

Related posts
Your comment?
Leave a Reply