Antusiasme Pemuda Rayakan Kemerdekaan RI

699 Viewed
Keceriaan anak-anak disaat lomba makan kerupuk, Minggu 17/08/2014

Keceriaan anak-anak disaat lomba makan kerupuk. Minggu, 17/08/2014. (Foto: Dok Pri)

Suasana cerah menyelimuti hari di pagi ini. Sebagian besar warga mulai anak kecil sampai kakek nenek tampak asik berkumpul di halaman rumah Bp. Rusdi yang berada di Rt 09/02 Garung Kidul Kaliwungu Kudus.

Sekitar pukul 9 pagi, aneka macam lomba sudah dimulai. Lomba yang diselenggarakan antara lain menjaga keseimbangan kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, lomba makan kerupuk dan lomba mengisi air. Syarat peserta yang mengikuti lomba dibatasi mulai berumur 4 s/d 12 tahun.

Masing-masing lomba diatur masing-masing ke dalam beberapa sesi. Tiap sesi pesertanya sebanyak 3 anak untuk dicari pemenangnya Selanjutnya pemenang tiap sesi tersebut dilombakan lagi untuk didapatkan juara lomba tersebut.

Puncak kemeriahan hari ini adalah lomba panjat pinang untuk remaja. Lomba yang diikuti oleh anak minimal berumur 15 s/d 20 tahun. Sebelum lomba dimulai, diadakan do’a bersama-sama yang dipimpin oleh Bp. Mohani. Harapannya semoga pelaksanaan lomba dapat berjalan lancar tidak halangan suatu apapun.

Akhirnya lomba panjat pinang dimulai sekitar jam 1 siang. Tampak warga begitu antusias menyaksikannya. Terlihat juga beberapa pengendara sepeda motor yang berhenti sekedar untuk melihat syahdunya permainan panjat pinang tersebut. Keramaian tersebut bertambah seiring alunan musik dangdut yang terdengar. Tak ketinggalan juga sang komentator (Arif alias Keok), yang terkadang ikut mbanyol seraya mengejek peserta panjat pinang.

Sehari sebelumnya, para pemuda sudah mempersiapkan bahan yang akan digunakan untuk panjat pinang yang berupa bambu. Persiapan dilakukan saat sore hari sampai malam tirakatan.

Malam Senin, terlihat para pemuda sedang asyik menikmati gorengan entog sembari ngobrol bersama sebagai tanda syukur atas kemerdekaan yang selama ini dapat dinikmati setiap hari.

Perjuangan mereka mulai dari mengumpulkan dana, persiapan lomba hingga pelaksanaan lomba tidaklah sia-sia. Dana yang mereka himpun dari warga Rt 09/02 Garung Kidul selama beberapa hari terakhir ini bisa digunakan untuk ikut memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia.

News Feed

Ratusan Operator PTS Hadiri Optimalisasi PDPT

Orang Kerja Itu Hanya 5 Tahun

Related posts
Your comment?
Leave a Reply