5 Cara Menulis dengan Mudah

917 Viewed

5-cara-menulisMenulis sebenarnya adalah pembelajaran hidup bagi diri sendiri yang akan dibagikan kepada orang lain. Namun, banyak yang belum mengetahui cara menulis, sehingga mengalami kesulitan apabila diminta untuk menulis. Apakah itu dalam karangan bebas, atau menulis kenyataan.

Syarat utama untuk dapat menulis adalah mengesampingkan benar atau salah tulisan anda. Saat ide mengalir, tulislah! Benar salah urusan belakang. Tidak perlu keberanian untuk menulis, yang penting segeralah menulis.

Awalnya sulit memang untuk membuat tulisan. Butuh waktu berjam-jam untuk menyelesaikannya, walaupun sudah memiliki ide. Dengan bergulirnya waktu, dengan sabar anda mengasah keterampilan menulis, menuangkan ide anda dalam bentuk tulisan, 1 hari 1 tulisan. Pada saatnya nanti, anda akan terperangah karena mengetahui dan dapat membandingkan kemampuan anda menulis saat ini. Praktekkan dengan 5 cara menulis berikut akan mampu membantu anda!

5 Cara Menulis dengan Mudah

1. Catat Ide

Saat ide muncul kapanpun dan dimanapun, jangan lupa SEGERA untuk mencatatnya. Ide anda merupakan pondasi awal anda untuk menulis. Mencatat ide TIDAK HARUS dikertas atau buku. Mencatat ide bisa dihandphone (bisa merupa note, atau sms yang disimpan atau bahkan sms yang dikirim ke nomor sendiri… hehe).

Ide bisa datang dengan sendiri, atau bisa juga dicari. Melihat keadaan sekitar, membaca atau “mendengarkan” akan dapat memunculkan ide-ide yang baru.

Ingat! Ada perbedaan yang mendasar antara mendengar dan mendengarkan.

2. Segera Menulis

Setelah mencatat ide, segerakanlah untuk menulis. Mengapa? Agar ide segar anda tadi tidak segera layu. Artinya agar anda bisa segera memaparkan atau menuliskan “kelanjutan” dari ide anda.

Dengan menunda-nunda dalam memaparkan ide, akan memicu sifat malas yang terbenam didalam diri anda. Sehingga ide hanya sebatas ide.

3. Tulis dengan Singkat

Saat awal menulis anda berfikir, tidak mungkin saya bisa menulis satu halaman penuh. Memang! Menulis itu tidak harus satu halaman penuh. Sedapat mungkin, buatlah tulisan yang ringkas, padat dan jelas. Ada istilah yang menyebutnya “KIS”.

KIS = Keep It Simple!

Menulis tidak harus banyak paragraf. Menulis bisa 2 paragraf, 3 paragraf, 4 paragraf atau bahkan cukup 5 paragraf. Media-media besar (seperti detik.com) tulisannya rata-rata 3 sampai 5 paragraf, dan itu yang menjadi daya tarik tersendiri. Kenapa? Karena enteng bacanya!

5W + 1H = Rumus Wajib bagi Jurnalis

Pembaca-pun akan merasa bosan membaca apabila tulisan dibuat berpanjang-panjang ria tanpa ada maksud didalamnya. Hal tersebut dapat dimaklumi, karena manusia cenderung memiliki sifat malas. Bahkan ada pembaca yang hanya membaca judulnya saja!

4. Lengkapi dengan Data Pendukung

Kalau perlu lengkapi dengan data pendukung, misal penyajian data dalam bentuk tabel, gambar, atau uraikan dengan poin-point penting lainnya. Orang dapat lebih mudah membaca gambar daripada tulisan yang tidak jelas cara penyampaiannya.

5. Edit Jika Selesai

Apabila sudah selesai jangan lupa untuk mengedit (review) tulisan anda. Mulai dari judul sampai penutup. Baca berulang-ulang, apakah masih ada yang terlewat sehingga perlu ditambahkan. Atau kalau perlu dihilangkan!

Apakah masih ada bahasa yang kurang enak untuk dibaca? Apakah masih ada kesalahan ketik (istilah kerennya: typo)? Apa perlu ditambahi kata-kata pemanis lagi?

Kalau memang perlu diperjelas, tambahkan paragraf baru! Yang pada awalnya tulisan anda hanya 2 paragraf akan menjadi lebih dari 2 paragraf.

Bacaan yang anda baca ini-pun berawal dari 1 paragraf yang terdiri dari point-point cara menulis. Akhirnya berkembang menjadi seperti yang anda lihat.

Lakukan sekarang, lakukan 5 cara menulis diatas. Saya yakin anda akan mampu menulis.

Dengan menulis, sejarah terbentuk. Dengan menulis, otak akan terlatih. Dan dengan menulis, anda bisa berbagi.

Sudahkah anda menulis hari ini?

 


Masluh Jamil
Follow me on Twitter | Facebook | GooglePlus

Mengelola-Keuangan

6 Cara Mengelola Keuangan

komitmen

Arti Dari Sebuah Komitmen, Dan Cara Menjaganya

Related posts
Your comment?
Leave a Reply