10 Ciri Pemimpin Yang Baik

58007 Viewed

10-ciri-pemimpin-yang-baikMenjadi seorang pemimpin tidaklah mudah. Banyak yang mencela walaupun sudah banyak upaya dilakukan. Tidak hanya orang lain, bahkan oleh anggota timnya sendiri.

Lantas, seperti apa pemimpin yang baik itu. 10 Ciri pemimpin yang baik berikut akan memberikan sedikit gambaran kepada Anda semua, bagaimana harapannya seorang pemimpin akan menjadi lebih baik.

Karena memang tidak ada seorangpun yang sempurna. Begitu juga seorang pemimpin. Yang ada adalah perbaikan-perbaikan untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih sempurna.

Action Vs Retorika

Pemimpin diukur dari tindakan dan hasil kerjanya, bukan hanya kepiawaiannya beretorika. Pandai beretorika tanpa action yang nyata adalah Bulsit. Mampu bekerja tanpa bisa beretorika bukanlah seorang memimpin, karena hanya akan menjadi sasaran tambahan pekerjaan bagi anggota timnya.

10 Ciri Pemimpin Yang Baik

1. Jujur dan Dapat Dipercaya

Jujur dan dapat dipercaya adalah modal dasar seorang pemimpin. Tidak hanya anggota tim yang harus memiliki sifat ini. Dengan dilandasi oleh sifat ini, maka anggota timnya pun dengan sendirinya akan mengikuti pimpinannya.

2. Mampu Bertanggung Jawab

Tidak hanya menyalahkan anggota timnya apabila target yang telah ditentukan tidak berhasil dicapai. Seorang pemimpin pun harus mampu dan mau bertanggung jawab. Karena seorang pemimpin akan selalu diminta pertanggungjawabannya terhadap apa yang dipimpinnya dan keputusan yang diambilnya.

3. Mampu Menentukan Skala Prioritas

Seorang pemimpin hendaknya mampu menentukan skala prioritas. Dengan skala prioritas, anggota timnya mampu bekerja secara optimal dan mampu menyelesaikan tugas dengan tepat waktu. Pimpinan yang baik mengetahui kapan waktunya lembur dan kapan waktunya pulang pagi… 😀

4. Mampu Mendelegasikan Tugas

Pendelegasian tugas amat penting. Seorang pemimpin harus bisa mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat. Selain itu, pendelegasian juga merupakan salah satu cara untuk mempercayai anggota timnya. Sehingga pemimpin mampu menempatkan anggota timnya sesuatu dengan kapasitas masing-masing anggotanya. The right man on the right job. Dan yang tidak kalah penting adalah dengan pendelegasian, pemimpin akan bisa lebih fokus kepada tugas yang lebih penting.

5. Cepat Menangani dan Mengatasi Masalah

Responsif dalam mengatasi masalah amat penting agar masalah yang muncul bisa dengan cepat tertangani dan mendapat solusi yang tepat. Sehingga permasalahan tidak berlarut-larut dan tidak menimbulkan permasalahan baru lainnya.

6. Memiliki Sikap Positif

Setiap pemimpin harus memiliki sikap positif. Hal ini penting, karena dengan sikap positif akan mampu melihat visinya kedepan dengan optimis, bukan sebagai sebuah beban yang harus dipikul.

7. Kemampuan Berkomunikasi Efektif

Pemimpin perlu berkomunikasi secara efektif agar pesan yang akan disampaikan jelas, tidak salah tangkap dan salah arah. Kemampuan ini mutlak dimiliki, karena mampu menyelaraskan semua anggota timnya mencapai tujuan yang ditentukan.

8. Keberanian Sosial dan Percaya Diri

Seorang pemimpin yang baik memiliki keberanian sosial dan kepercayaan diri yang tinggi. Sehingga seorang pemimpin mampu mengangkat harkat timnya. 3 cara untuk memboost keberanian perlu dibaca lagi.

9. Mampu Mengembangkan Setiap Anggota Tim

Setiap pemimpin yang baik selalu mengembangkan setiap anggota timnya. Karena dengan SDM yang kuat, tujuan yang hendak dicapai pun akan lebih mudah tercapai.

10. Mampu mengendalikan keadaan

Seorang pemimpin dituntut dapat mengendalikan keadaan. misalnya, seorang dituntut memiliki sifat humoris. Agar timnya pun mampu tertawa disaat suasana sedang dilanda masalah. Sehingga permasalahan tidak menambah beban yang sudah ada.

Itulah 10 ciri pemimpin yang baik hendaknya harus dimiliki oleh setiap seorang pemimpin. Sehingga seorang pemimpin akan mampu menjadi man behind the gun. Kita sebagai pemimpin sudahkah memiliki ciri-ciri tersebut?

prev-next.jpg

Wasiat Terlarang (Bagian Kedua)

prev-next.jpg

Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim

Related posts
18 Responses to “10 Ciri Pemimpin Yang Baik”
  1. # 16 February 2014 at 13:31

    Mantab pak.. Cocok buat saya jadikan bahan untuk Materi Dasar Kepemimpinan saat Pradiksar nanti. hehe ijin digunakan materinya ya pak.

    • # 16 February 2014 at 15:14

      Iya mas Heri Santosa. Silahkan dijadikan bahan untuk Materi Dasar Kepemimpinan. Jangan lupa kasih link sumbernya ya!

  2. # 16 February 2014 at 13:41

    Wah. Petinggi OSIS yang satu ini lho beda dengan yang lain.
    Lanjutkan mas brow. Tak tunggu tulisanmu yang lain

    • # 16 February 2014 at 15:17

      Saya sama dengan yang lain kog Mas Andi. Sama seperti pengurus OSIS yang lain.
      Siip, mohon dukungannya mas brow. Jangan cuma nunggu tulisanku saja, kalau perlu kirim tulisanmu kepada diriku, nanti aku orbitkan disini.
      Kirim aja ke masluhj@gmail.com

  3. # 9 September 2015 at 10:36

    Keren mas… maksih bnayak informasinya.. pemimpin yang keren adlah yang pandai <a href=”http://goo.gl/eqfDxz”>komunikasi</a> ..  boleh ya artikelnya di bagi bagi…. hehe ..

    • masluhj
      # 16 September 2015 at 22:31

      Terima kasih pak, sudah mampir ke sini. Pandai tidak hanya dari sisi intelligence saja ya pak, pandai mengorangkan orang juga suatu kepandaian yang tidak diajarkan di sekolah. Salaman pak

  4. ilham
    # 9 September 2015 at 10:45

    ciri ciripemimpin yg baik

    • masluhj
      # 16 September 2015 at 22:32

      Iya pak Ilham, karena pada dasarnya kita ada pemimpin. Salaman pak, terima kasih sudah mampir.

  5. # 17 September 2015 at 16:37

    Pak jika seorang pemimpin itu plinplan sedangkan anggotanya hanya menurut pada pemimpin , apakah itu benar?

    • masluhj
      # 20 September 2015 at 09:21

      Dalam organisasi atau teamwork, tidak hanya bersifat instruksi. Namun juga bottom-up, dimana pendapat dari bawah juga didengar dan dipertimbangkan di level pimpinan. Sehingga pada akhirnya organisasi yang dipimpin bisa berjalan seirama dengan anggotanya. Dan disisi anggota, lebih jelas dan mudah karena semua sudah dirumuskan bersama-sama. Jadi, anggota yang baik juga tidak hanya asal ikut pimpinan, tetapi juga mengingatkan kepada pimpinan. Terima kasih pak Arif, sudah berkenan mampir. Salam hangat dari kami.

  6. # 21 January 2016 at 07:00

    point2 ttg kepemimpinan diulas singkat dan jelas. klo bisa ada dalil pendukungmakasih infonya.

    • masluhj
      # 22 January 2016 at 05:37

      Iya Gan, terima kasih. Semoga jualannya laris manis tanjung kimpul

  7. # 25 May 2016 at 15:02

    thanks to infomation

  8. Messi
    # 23 July 2016 at 20:16

    tq for the information

Trackbacks/Pingbacks
  1. MasluhJamil.Com » Blog Archive Terbongkarnya Rahasia Mengembangkan Tim - 19 February 2014

    […] 11:53 am » 10 Ciri Pemimpin Yang Baik […]

  2. MasluhJamil.Com » Blog Archive Cara Komunikasi Yang Dahsyat - 21 February 2014

    […] 11:53 am » 10 Ciri Pemimpin Yang Baik […]

  3. MasluhJamil.Com » Blog Archive Keseimbangan Kerja dan Keluarga: Work Life Balance - 9 March 2014

    […] 11:53 am » 10 Ciri Pemimpin Yang Baik […]

  4. Leadership… | nsacapella - 17 November 2015

    […] http://masluhjamil.com/2014/02/10-ciri-pemimpin-yang-baik.html […]

Leave a Reply